Berburu Rasa Nusantara

Jika lidah sudah terbiasa akan suatu masakan maka akan susah untuk menerima masakan lain. Sebagai Indonesian, saya yang terbiasa dengan cita rasa nusantara akan selalu mencari untuk mendapatkan cita rasa itu. Karena pekerjaan yang mengharuskan saya berada di beberapa negara memberikan pengalaman-pengalaman tersendiri saat berburu cita rasa nusantara di negara lain.

Vids teringat sewaktu di Sydney, tahun 2000 tepatnya, ketika bekerja disana, sewaktu makan siang, setiap hari Rabu, vids dan beberapa teman kantor selalu menyempatkan diri pergi lebih awal ke ‘suatu resto rumahan’ yah tepatnya sebuah rumah, dimana setiap hari rabu akan ada ‘open restaurant’.
Setelah 2-3 kali mencicipi masakan seperti ‘laksa’ dan ‘nasi goreng’ yang rasanya begitu dikenali lidah, vids semakin penasaran. Sampai suatu ketika, vids mencoba ‘Sate Ayam’ saat mencoba bumbu sate ayam itu, walau sate ayamnya besar-besar tidak seperti sate ayam di Jakarta, tapi bumbu sate itu begitu meresap di lidah. Vids langsung beranikan diri menayakan kepada si ibu pemilik resto. Apakah ibu pernah belajar kuliner di Indonesia, si ibu ini tertawa dan memanggil sang suami, ternyata si suami adalah seorang Sundanese dari Bandung yang merantau ke Sydney dan bekerja sebagai koki restaurant.
Ternyata ‘rasa’ akan selalu membuat ‘tanda abadi’ pemasaknya.
Tentu saja ada rasa kebanggan tersendiri melihat setiap hari rabu, banyak pengunjung yang menyempatkan diri makan siang di rumah tersebut, terlebih mereka kebanyakan justru orang Australia sendiri.

Serta beberapa teman dari Belanda dan German yang pernah menetap di Jakarta, dan saat ini bersama-sama vids di Singapura, bertanya “Vids dimana bisa beli ‘tempe’, indomie, dan the botol”.
Suatu ketika teman dari German ini berkata ‘puas sekali makan rendang rasa otentik Indonesia, mahal sedikit tapi puas ditambah dengan es cendol’ dengan bahasa indo yang cukup lancer, lidah dia sudah tidak bisa lepas dengan rasa masakan Indonesia, dan beruntunglah ada resto Indonesia yang menjaga keaslian rasa nusantara.
Kinginan untuk memuaskan lidah dengan rasa nusantara itu akan menggebu-gebu dan mulailah vids mencari-cari informasi, apabila ada rumah makan bercita rasa Indonesia di negara-negara lain, dan ternyata cukup banyak Indonesian yang terus melestarikan masakan nusantara dan mencoba mengenalkannya kepada banyak orang..

Di Bagian ‘Berburu Cita Rasa Nusantara’ ini, infomakan akan mencoba mengulas beberapa restoran dan tempat-tempat makan yang menyajikan cita rasa nusantara di negara-negara lain. Dan di kesempatan ini infomakan mengucapkan kesalutannya kepada para ‘pahlawan masakan nusantara’ yang mana terus mengenalkan rasa nusantara ke segala pelosok dunia.

Karena kelezatan masakan, banyak orang akan lebih mengenal Indonesia, lebih mengenal budaya dan keindahan Indonesia. Bravo untuk kalian ‘pahlawan masakan nusantara’.

Bagi yang ingin membagikan pengalaman-pengalaman berburu rasa nusantara di negeri lain bisa menghubungi Infomakan.

List dari beberapa restaurant yang sudah dikunjungi pihak Infomakan:

Country
RestaurantContact
SingaporeGaruda Padang – Orchard Central
Orchard Central #07-07/08
181 Orchard Road
Singapore 238896
(Opposite Centrepoint)
SingaporeBelanja
Indonesian Food Market
304 Orchard Road #02-108.
Lucky Plaza
Singapore
Tel. 64936920
SingaporeAyam Penyet President
304 Orchard Road
Lucky Plaza #03-36/37
Phone: 67351262
Singapore
SingaporeSiomay Bandung ICAP ICIP
Singapore
Tel: 8 2 8 2 4 5 0 6 (Wuri)
SingaporeAyam Penyet Ria
Lucky Plaza lantai 1 dan 4. Orchard Road
SingaporeWAWA Toko
Lau Pa Sat Festival Market
Telok Ayer
SingaporeJIAK BAK MEE
Indonesian Noodle.
CentrePoint. Level B2 (Foodcourt)
Orchard Road