Kampoeng Legenda

KAMPOENG LEGENDA, Mall Ciputra, 12-23 Aguistus 2015

Kampoeng Legenda adalah festival Kuliner yang menghadirkan kampiun yang sudah terkenal dari jaman dulu kala. Acara di selenggarakan oleh Mall Ciputra bekerja sama dengan Jiis Comm – food event specialist. Dalam acara yang akan berlangsung pada tanggal 12 – 23 Agustus 2015 ini puluhan jawara kuliner yang telah melegenda di datangkan dan akan menyajikan masakan khasnya masing – masing.

Berikut profile beberapa peserta yang akan berpartisipasi dalam acara ini

Kedai Kopi Es Tak Kie, Jakarta – Legenda sejak 1927

takkie3

Kedai Kopi Es Tak Kie, Sejak 1927

takkie2

Kedai Kopi Es Tak Kie, Sejak 1927

takkie1

Kedai Kopi Es Tak Kie, Sejak 1927

Tempat makan ini sudah terkenal dimana – mana. Liputan demi liputan juga sudah sering dilakukan oleh berbagai media. Keberadaannya sejak tahun 1927 layak untuk di sandangkan gelar legenda kepadanya. Tak hanya orang awam saja yang berkunjung dan menikmati hidangan disini, melainkan Bapak Presiden Jokowi juga sempat berkunjung di tempat ini sebelum beliau menjadi Presiden.

Letaknya yang masuk ke dalam sebuah gang kecil di bilangan Kota tak membuat kedai ini sepi dari pengunjung. Buktinya ketika kunjunganku ke tempat ini beberapa saat lalu di pagi hari, penuh sesak dengan pengunjung yang dengan nikmatnya menyantap hidangan pesanannya. Penjualnya juga tak kalah sibuk melayani pengunjung yang datang silih berganti. Tak heran jika pada pagi hari pun ada menu yang sudah habis.

continue reading

 

Nasi Jamblang Mang Dul, Cirebon – Legenda sejak 1970

mangdul1

Nasi Jamblang Mang Dul, Cirebon – Sejak 1970

mangdul2

Nasi Jamblang Mang Dul, Cirebon – Sejak 1970

Adalah Mang Dul nama tempat makan di Cirebon ini. Menempati salah satu ruko di sudut Jl. Dr. Cipto, rumah makan ini sudah terkenal dimana – mana. Untuk kota Cirebon sendiri nama Mang Dul merupakan jaminan mutu alias di rekomendasikan oleh sebagian besar penghuni kota ini.

Warung Nasi Jamblang Mang Dul ini awal mulai berjualan pada tahun 70 an dan kini diteruskan oleh generasi keduanya. setelah beberapa kali mengalami pindah lokasi, kini berada di Jl. Dr. Cipto. Tempat makan ini sangat ramai pada saat kunjunganku kesana beberapa hari yang lalu. Bahkan pengunjung yang datang berombongan terlihat datang dan pergi dengan wajah yang puas.

Apa sih nasi jamblang itu?

Nasi putih sekepal yang dibungkus dengan daun jati dan kita akan ditanya mau berapa nasi? Untuk lauknya kita bisa memilih sendiri deretan lauk pauk yang disediakan di meja panjang. Mau sayur tahu tinggal nyendok sendiri, mau tempe goreng ya tinggal ambil. Tak kurang dari 20 macam lauk yang disediakan termasuk pepes dan sambal kerang.

continue reading

Kupat Tahu Gempol, Bandung – Legenda sejak 1965

Jpeg

Kupat Tahu Gempol, Bandung

Kupat tahu Gempol ini di sudah diakui keberadaannya di kota Bandung sejak tahun 1965. Rasanya belum lengkap jika bertandang di salah saru kota mode di Indonesia ini jika belum menyantap hidangan khas dari kota ini. “Tempatnya sederhana tetapi rasanya luar biasa,” demikian komentar para penikmat makanan ini.

 

Soto Roxy H. Darwasa, Jakarta – Legenda sejak 1948

darwasa

Kuliner yang satu ini telah mendapatkan pengakuan dari penikmat kuliner di tanah air. Tak kurang kunjungan dari publik figur pun terus berdatangan ke tempat ini. Didirikan oleh Alm. H. Darwasa pada tahun 1948 dengan menggunakan pikulan dalam berjualan lantas menggunakan gerobak, tenda dan menempati tempat permanen. Hidangan khas Soto Betawi terdiri dari daging goreng, daging rebus, usus, paru, lidah, babat , kikil, tulang muda dan jantung dengan kuah kaldu campur santan.

 

Mie Koclok Mas Edy, Cirebon – Legenda sejak 1945

mie edi

Mie Koclok Mas Edi, Cirebon (image by www.wisata-cirebon.blogspot.com)

mieedi2

Mie Koclok Mas Edi, Cirebon (image by www.wisata-cirebon.blogspot.com)

Mie Koclok Mas Edy ini sudah berdiri sejak 1945, seumuran dengan kemerdekaan Republik Indonesia tercinta. Saat ini di kelola oleh Mas Edy sebagai generasi penerus ketiga dengan mempertahankan keaslian resep yang diwarisi turun temurun dari kakeknya. Keistimewaan mie koclok Mas Edy ini adalah kuah kentalnya, enak dan ngangenin rasanya.

Mie Koclok Mas Edy ini terletak di Jl. Lawanggada Cirebon.

 

Toko Oen, Malang – Legenda sejak 1930

toko oen

Toko Oen, Malang (image by www.ngalam.co)

Wisata ke kota Malang tidak lengkap jika belum berkunjung ke Toko Oen yang sudah ada sejak sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Saat ini Toko Oen di kota Malang (dan juga Semarang) menjadi tempat persinggahan para turis, baik domestik maupun internasional. Keunikan bangunan dan juga hidangan yang ditawarkan menjadi pengobat rindu akan suasana jaman dahulu, terutama bagi wisatawan yang memang datang untuk bernostalgia di tempat ini.

Toko Oen didirikan pertama kali oleh seorang Tionghoa peranakan Belanda yang bernama Liem Goe Nio di kota Yogyakarta pada tahun 1922, dalam perkembangannya telah membuka cabang di beberapa kota, namun saat hanya tersisa di dua kota yaitu Malang dan Semarang.

 

Es Oyen, Bandung – Kegenda sejak 1962

oyen2

Es Campur Pak Oyen, Bandung, Sejak 1962

oyen9

Es Campur Pak Oyen, Bandung, Sejak 1962

Es campur Pak  Oyen telah malang melintang di dunia per-es-an sejak tahun 1962. Saat ini cabangnya sudah tersebar di beberapa tempat di Bandung. Kesegaran es Pak Oyen ini memang tidak perlu diragukan. Banyak pelanggannya yang sengaja datang hanya untuk menikmati semangkuk es campur khas Pak Oyen.

Braga Permai, Bandung – Legenda sejak 1923

braga4

Braga Permai, Bandung, Sejak 1923

braga1

Braga Permai, Bandung, Sejak 1923

braga2

Braga Permai, Bandung, Sejak 1923

Restaurant bernama Braga Permai ini dulunya bernama Maison Bogerijen, menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang datang ke kota Bandung. Banyak wisatawan yang sengaja menyempatkan diri berkunjung ke tempat makan ini untuk sekedar bernostalgia dan menikmati hidangan khas produksi rumah makan ini. Lontong Cap Go Meh menjadi salah satu menu yang kerap dipesan pengunjung rumah makan ini, demikian pula dengan bitter ballen yang sayang untuk dilewatkan.

Martabak Kubang Hayuda, Jakarta – Legenda sejak 1970

Warung Soto Betawi H. Ma’ruf, Jakarta – Legenda sejak 1940

Ketan Susu Kemayoran, Jakarta – Legenda sejak 1958

Nasi Ulam Pak Misjaya, Jakarta – Legenda sejak 1964