Viilevent Photography

Alpukat, lemak dan kolesterol

Apa yang terbayang ketika nama buah ini disebut? Yang terlintas dalam pikirin kita biasanya adalah jus Alpukat, Es Teler, Es Buah dan tentu saja avocado cake. Kehadiran buah ini banyak diminati orang, dari anak kecil sampai orang dewasa.

Manfaat Alpukat

Buah yang berwarna hijau ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, asal di konsumsi dengan tepat. Jika alpukat dicampur dengan gula dan susu tentu saja menjadikan hidangan yang berlemak tinggi, tetapi jika dikonsumsi hanya alpukatnya saja tanpa tambahan lainnya, maka lemak yang tak jenuh yang justru membuat buah ini bermanfaat untuk tubuh.

Jangan kuatir, sebenarnya sebagian besar lemak yang terkandung dalam alpokat adalah lemak tak jenuh tunggal, lemak yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Alpukat juga tinggi akan beta-sitosterol, bahan alami yang menghalangi penyerapan kolesterol dari makanan.

Kandungan Nutrisi dalam Alpukat :

  • Monounsaturated fat
  • Mineral, khususnya iron, copper, potassium dan sodium
  • Antioxidants, terutama vitamins A, C and E, serta lutein
  • Vitamin B6
  • Folic acid
  • Potassium
  • Sterols

Cara Mengkonsumsi

Potong alpukat menjadi lima bagian, setiap bagian mengandung ± 75 kalori atau setara dengan setengah sendok mayonais. Gunakan alpukat untuk menggantikan makanan berlemak dalam diet anda, bukan mencampur dengan bahan berlemak lainnya..

Memilih Alpukat

Sebaiknya pilih alpukat yang baik dan matang. Untuk memilih alpukat, genggam beberapa alpukat, pilih yang lebih berat dari beberapa alpukat dengan ukuran yang sama. Untuk mengetahui alpukat telah siap dikonsumsi, tarik gagangnya, jika gagangnya mudah terlepas tandanya alpukat telah siap untuk dikonsumsi.

Cara Penyimpanan

Jika alpukat masih keras (mentah) jangan disimpan di dalam lemari es, karena akan memperlambat proses pemasakan. Simpan di dapur atau simpan alpukat dalam kantong kertas.agar cepat masak.

Untuk menyimpan alpukat yang telah dibelah, buang bijinya untuk mencegah warna alpukat menjadi coklat. Simpan dalam wadah plastik, bisa juga di perciki air jeruk lemon dan tutup serapat mungkin. Masukkan ke dalam lemari es.

Referensi : Dari berbagai sumber
Foto : infomakan.com

Related Posts:

Filed Under: Sehat Alami

Tags:

RSSComments (3)

Leave a Reply | Trackback URL

  1. dewi says:

    buah fav aku dr kecil neh, tp skng disini jarang makan, sebab mang jarang ada. hiks hiks

  2. Florabiz.net says:

    Bagus infonya gan…selain dapat menurunkan kadar kolesterol alpukat juga bikin sperma kuat..coba baca jg ya di http://www.florabiz.net/herbal/jus-alpukat-bikin-sperma-kuat.html
    terimakasih..:-)

  3. lisa says:

    pertanyaan;bagaimana cara membuat jusnya{alpukat}?.mohon jawabannya,makasih.

Leave a Reply