Viilevent Photography

Nasi Bungkus Bogana Mama Ita – Kedoya, Jakarta

Kembali kali ini yang aku ulik adalah makanan yang dibunkus dengan daun pisang, tepatnya nasi. Di banyak tempat di Indoneia, banyak daun – daunan yang di gunakan sebagai pembungkus makanan, sebut saja daun jati, daun bambu, kelasa, dan tentu saja yang paling umum adalah daun pisang. Pilihan daun pisang adalah yang paling tepat, selain tekstur daunnya enak untuk di lipat, permukaannya juga licin, tapi yang paling berkesan adalah aroma yang dihasilkan ketika daun tersebut dibuka. Tentu saja daun yang digunakan harus yang fresh.

Seperti pada nasi bogana yang aku santap kali ini, daun pisang yang digunakan masih fresh terlebih penjualnya juga tidak pelit dalam menggunakan daun ini. Nasi beserta lauk pauknya dibungkus rapi dengan dua buah tusuk gigi sebagai pengunci di tiap ujungnya. Begitu bungkus dibuka, tercium aroma khas yang menambah selera. Terlihat nasi dengan lauk pauknya yang dipisah oleh sepotong daun pisang kecil. Ayam suwir yang berwarna putih begitu menggoda selera apalagi sambal yang ditambahkan sebagai pelengkap.

Bagaimana rasanya?

Nasi Bogana ini mempunyai rasa yang konsisten, sudah berkali-kali teman membawakan aku nasi ini dan rasanya selalu sama. Rasa seperti apa, tentu saja rasa yang membuat lidah bergoyang karena nikmat di padu dengan sambalnya yang nendang alias pedas. Yang membuat nasi ini sangat nikmat adalah ayam suwirnya yang gurih dan yummy. Sambal goreng ati amapela plus kentang juga sayang untuk dilewatkan begitu saja. Alhasil, setiap menyantap nasi bogana ini yang tersisa hanya bungkusnya saja alias daun pisang. Rasa nasinya juga berbeda dengan nasi biasa, entah beras yang di gunakan adalah beras pilihan atau proses memasaknya yang berbeda, yang jelas rasanya nikmat.

Menurut informasi yang aku korek dari seorang teman, penjualnya memulai usaha ini sudah dari sulu, entah dulunya kapan pastinya, tetapi memang sudah terbiasa melayani katering. Nasi bogana yang satu ini termasuk kategori makanan rumahan, mau pesan sedikit boleh asal diambil sendiri. Bagaimana jika ingin memesan dalam jumlah banyak, apakah bisa diantar? Jawabannya adalah pesan banyak atau sedikit silahkan hubungi pemiliknya.

Thanks to Ms. Silvany Y who introduce me this delicious food. You right, this food is so special.

Nasi Bogana Mama Ita, GG.Mesjid Gadog No.D6 Kedoya, Jakarta. Telp. 08567855975

Sampai jumpa di petualangan lidah berikutnya.

Regards, Plux

Related Posts:

Filed Under: Cari MakanFeaturedJakartaTempat Makan

Tags:

RSSComments (1)

Leave a Reply | Trackback URL

  1. Nasi Bogana memang enak dan lezaaaat…

Leave a Reply