Viilevent Photography

Bakso Oshin, Resep Bakso Rumahan

Kali ini resep pilihan datang dari seorang teman yang berdomisili di Nagoya – Jepang, aku biasa memanggil dengan sebutan Mama Suika. Selain jago memasak Mama Suika juga gemar makan (hahaha… yang ini pasti, terutama masakan dari Belut). Walaupun berada di negeri nun jauh disana, masakan Indonesia tetap melekat di hatinya, salah satunya adalah Bakso yang diberi nama Bakso Oshin ini. Thanks Mama Suika ya.

Berikut hasil olahan Mama Suika.

Regards, Plux

Anda-anda penggemar bakso??? Kalau saya sudah sedari kecil seneeeeeng banget sama bakso….ayo perang gerilya ke dapur..membuat bakso sendiri..repot dikit gak papa tapi ati puaaaaas..dijamin halah plus aman jauh dari bahan pengawet (formalin)

Secara suamiku dan  si putri salju itu  juga suka banget sama bakso.. jadi kalau baksonya dah mateng jangan tanya dech pasti suami habis dua mangkuk  hehehhe(ups bagi teman teman yg dijapan jangan salah arti loh yah mangkuk disini hehehhe ini mangkuk tempat bakso) jadi suami selalu habis dua porsi hahhahaha  perut kareet …

Bahan-bahan

  • 1 kg daging sapi giling 
  • 4 kuning telur
  • 100gr tepung tapioka
  • 100ml air
  • Haluskan 6 biji bawang putih dan mrica serta garam (mrica dan garam secukupnya )..

Cara membuat

  • Campur daging sapi ,kuning telur, dan bumbu halus uleni teruuuus sampai kalis sampai benar benar tidak lengket ditangan..jadi biarpun tangan capek ya ditahan doeloe kan biar hasilnya nanti memuaskan hehehhee
  • Kalau sudah masukkan tepung tapioka dan air teruuuuus diuleni teruuuuus diamkan sejenak…
  • Siapkan panci diatas kompor kasih air kalau sudah mendidih kecilkan api…
  • Bentuk bakso dengan meletakkan adonan ditangan kanan /kiri pilih yg nama terserah anda hehhehee tekan jari telunjuk dan jempol ..adonan akan keluar bulat ..lakukan beberapa kali sampai adonan kliatan cantik dan bulat..
  • Tangkep dengan sendok kecil bulat masukkan ke dalam air mendidih ..
  • Rebus bakso sampai mengapung(matang)..kalau saya kemarin iseng aja tak kasih telur ayam didalamnya hehehhe lha kok nikmat juga tho baksonya jantenan hehhee

Kuah

  • Untuk kuahnya saya tetep mengandalkan tetelan daging sapi digodog sampai lunak ..lha dari situ keluarlah kaldunya…
  • Untuk bumbu kuahnya simple cukup 4 sing bawang putih mrica serta garam dihaluskan trs perlu dicoba untuk rasa yg lebih nendang yaitu bumbu tadi di tumis dulu pakai olive oil ,, jadi tidak langsung saya masukkan ke dalam kuah melainkan ditumis dulu kalau baunya sudah harum baru dicampurkan kekuah..

Sekarang tinggal menata ke dalam mangkuk = bihun yang sudah di rendam air panas siap ditaruh dimangkuk letakkan bakso tuang kuahnya taburi brambang goreng bila perlu taburi juga pakai seledri ..fantastis hehehhee..rasanya makyos tenan..abis makan bakso terus gembrobyos tenan …

Siapa yang ga inget lagunya Melisa …abang tukang bakso mari2 sini aku mau beli..abang tukang bakso cepatlah kemari sudah tak tahan lagi….satu mangkuk saja dua ratus perak yg bnyk baksonya…tidak pakai saus tidak pakai sambel juga tidak pakai kol….bakso bulat seperti bola pingpong..kalau lewat membikin perut kosong…jadi anak jangan kau suka bohong..kalau bohong digigit kambing ompong..

Salam dari Suika – Nagoya

Related Posts:

Filed Under: Resep DapurResep Masakan

Tags:

RSSComments (15)

Leave a Reply | Trackback URL

  1. Suika Cantik says:

    Hihihihi PERTAMAX hahahah MasPlux Tengkiyu yach udah berkenan menayangkan Masakanku disini hihihi Kehormatan tersendiri bagiku loh hahaha..tengkiyuuu yach…Yup betul sekali..Belut adalah Favoritku hihihihi

  2. Suika Cantik says:

    MasPlux Rumahnya makin asik aja nih hihihi..aku nyaman sekali disini deh hihi abis kenyang bnget deh klu dari sini hahahaaa

  3. Suika Cantik says:

    Ntar aku ajak temen2 kesini deh hahah biar pd ikut merasakan kenyang hahahaaa

  4. Romiani says:

    wah, ini resep cukup unik. Kalo bole tahu ini kreasi sendiri ya? boleh dicoba tuh. thanks ya…………

  5. bejan says:

    Baksonya mantabs Suika, kapan2 kasih telur burung onta hehe..jantenan…

  6. Suika Cantik says:

    Romiani = ini 500% Bakso Kreasi sendiri wakakakaka…aku suka coba2 masakan aja hahahah kl ternyata maknyos trs aku ulangin lg dan aku simpan photo serta resepnya wakakakaakakak…selamat mencoba yaaaa…. (Jawaban ini mewakili si pemilik Blog yaitu Mas Plux)wakakakakaaa

  7. Suika Cantik says:

    Pakdhe Bejan wakakakka mn telor burung ontanya?hahahaha minta kiriman Thia dari Arab dl yak wakakakakakaka….

  8. Plux says:

    Romiani, iya nih, asli ini kreasi mama Suika, ini bakso bikin aku ngiler terus hehehe

    Denmas Bejan, maunya sih bakso ayam, mama Suika lagi nangkep ayam belum kepegang hihihihi

    Mama Suika, thanks ya, minta resepnya lagi yang banyak, terutama yang berbahan ayam ya :P

  9. Surya says:

    mbak suika mau tanya harga tepung tapioka di japan 1 kg brp…?
    denger2 mahal ya disana… arigato ….

  10. Suika Cantik says:

    Surya hahahaha sebelum aku jawab pertanyaanmu ijinkan dl aku ngakak yah wakakakakaaa……soale pertanyaanya lucu sih hahahahah ..Oke skrng saya jawab yah say..Harga Tapioka di sini 1 kg nya sekitar 400yen (40.000 rupiah)…bungkusan yg 250gram juga ada..harganya 100yen(10.000rupiah)…Oke sayang silahkan ajukan pertanyaan lg yah jika ada yg perlu ditanyakan ^-^

  11. Suika Cantik says:

    MasPlux..kmn aja diaku…..tuh Artikelnya bnyk di Muat di KoKi..segera kesana yah…ditungguuuuuuuuuuuuuuuu

  12. Suika Cantik says:

    ada garang Asem jerohan Ayam sm Bakso ayam tumis tuh Masplux..olahanku kmrn :D..kl bahannya dr ayam heheheeee

  13. CHENX says:

    mau buka jualan mie bakso ? kami siap membantu, dari mulai cara buat bakso + mie, cara penyajian dan training sampe bisa berjualan. HUB : CHENX 085223934671. KAMI JAMIN , BAKSO ENAK DAN MANTAP. mau tambah mie goreng, nasi goreng dll. BISA

  14. Nana says:

    Bgmn cara menyimpan bulatan ronde yg sdh matang? karena klo disimpan dgn cara direndam air gula, besoknya pasti hancur..Terimakasih banyak sebelumnya

  15. memo says:

    enak juga ya

Leave a Reply