Viilevent Photography

Gultik – Gule Tikungan Blok M, Jakarta

Lokasi tempat makan ini sangat sederhana, berderet di atas trotoar di tikungan jalan. Lokasi persisnya adalah di belakang Blok M Plaza berseberangan dengan ayam Gantari. Fasilitas yang disediakan pun cukup hanya kursi plastik tanpa meja. Walaupun sangat sederhanya, rasa dari makanan yang dijual termasuk dalam kategori ngangenin alias uenakkk. Karena berada di tikungan inilah kemudian mendapat julukan Gultik alias Gule Tikungan.

Penjualnya ada beberapa orang dengan masing – masing penjual berada dalam naungan payung parasol produk sponsor. Sementara masakan di taruh dalam pikulan khas Jawa. Makanan yang dijual seragam alias satu menu : Gulai atau lebih populer dengan sebutan Gule. Yang unik dari tempat makan disini adalah setiap hari penjualnya bertukar tempat. Entah kesepakatan ini berlangsung sejak kapan, yang jelas dari pertama kali aku menikmati gule ini pada tahun 2002 sampai sekarang acara tukar empat masih berlangsung. Kadang di tempat makan ini kita bisa mendengarkan Sinden keliling yang memperdengarkan suara merdunya.

Dulu sewaktu kantor kerja ku masih di seputaran Kebayoran Baru, setiap minggu bisa datang ke tempat ini lebih dari 2 kali, hmmm… selain harganya murah masakannya Jawa banget dan tentu saja pas dilidah ku. Jika selera makan turun, datang ke tempat ini bisa menghabiskan 2 piring atau minimal 1 setengah piring. Tentunya bukan porsi jumbo tapi piringnya agak kecil.

Nah kebetulan kemarin aku berada di seputaran Blok M, selera makan langsung naik ketika teringat Gultik ini dan tentu saja meluncur ke lokasi. Sebenarnya aku sudah sangat lama sekali tidak menyantap hidangan disini. Tanpa di sangka salah satu penjualnya masih ingat dengan aku, dan kita pun terlibat obrolan ringan. Namanya adalah Pak Mardi, pria paruh baya yang murah senyum. Dulu aku adalah langganan tetapnya.

Kembali ke soal makannya, gule disini seperti yang aku katakan diatas, kuahnya berasa khas masakan Jawa, tidak terlalu kental dengan aroma samar tapi di lidah nendang banget (Nah kali ini benar-benar bingung mendeskripsikannya). Yang jelas menurut aku uenakkkk polllll. Gak percaya?

Silahkan datang dan rasakan sendiri : Gule Tikungan Blok M, Trotoar Blok M Plasa, Jakarta

Sampai jumpa di petualangan lidah berikutnya

Regards, Plux

Related Posts:

Filed Under: Cari MakanFeaturedJakartaTempat Makan

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply