Viilevent Photography

Soto Betawi Manga Besar, FOODTOWN Living World

Kendati berembel-embel Manga Besar, bukan berarti tempat makan yang satu ini mempunyai atau bermarkas di Manga Besar. Pemilhan kata Mangga Besar ini lebih di dasari oleh pengalaman dari si empunya, Pak Gani yang berguru di sana berpuluh-puluh tahun yang lalu. Pak Sholeh nama orang yang berjasa menurunkan ilmunya kepada Pak Gani. Pada era 60-an, berlokasi di Jalan Kebon Jeruk 3, dagangan Pak Sholeh cukup terkenal bahkan sampai di kalangan celebrity dan atlit.

Bermula di tahun 1983 pak Gani merintis usahanya di Mangga Besar. Nah inilah sekelumit kisah mengapa tempat makanan ini bernama “Soto Betawi Mangga Besar” tetapi justru saat ini markasnya berada di Gading Serpong, bukan Manga Besar.

FOODTOWN memilih masakan hasil olahan Pak Gani ini sudah tepat, memang rasanya benar-benar nikmat dan segar. Soto Betawi dan Sop Sumsum adalah andalannya. Biasanya rumah Makan yang menjual Soto Betawi jarang yang menyediakan sumsum, itulah alasan mengapa hidangan ini menjadi santapan pertama ku di foodcourt terbesar di Tangerang ini. Ketika kita memesan, pertanyaan yang keluar dari pramusajinya adalah : mau kuah apa? Bening, santan atau susu?

Seporsi sumsum dengan kuah bening telah siap di santap. Kuahnya berasa segar, irisan tomat segar memberikan kontribusi untuk kesegaran sop ini. Potongan kentang yang digoreng serta taburan bawang merah goreng plus seledri juga berperan memberikan warna rasa tersendiri. Dan tentu saja primadonanya adalah sumsum yang telah di keluarkan dari sarangnya. Kalau ditanya soal bagaimana rasanya, tentu saja uenakkk pol.

Hidangan ini mengingatkan ketika aku masih kecil dulu, dimana Almarhum Mak Yah (hiks jadi kangen sama Mak Yah) seringkali masak asem-asem daging ala Jawa dengan menggunakan daun kedondong. Dimana masakan dalam olahan Mak Yah ada tulang yang bisa diseruput, dalamnya berisi sumsum. Masakan Jawa ala Mak Yah is the best. Beliau adalah oang yang ngemong aku dari bayi sampai aku beranjak dewasa. Beruntung sekali lidah kita dimanjain oleh 2 orang yang jago masak, satu Mama satu lagi Alm. Mak Yah. Tak heran jika sampai sekarang lidahku cukup bawel jika masakan tanpa ada rasa, karena kedua srikandi wanita ini dengan piawai meramu bumbu dapur, tanpa takaran tentunya.

kembali ke Sop Sumsum ala Pak Gani, anda mau mencoba?

FOODTOWN, Lantai 2, Mall Living World, Alam Sutera, Tangerang.

Sampai jumpa di petualangan lidah berikutnya

Regards, Plux

Related Posts:

Filed Under: Cari MakanFeaturedJakartaTempat Makan

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply